PENGHENTIAN SEMENTARA PEKERJAAN REHABILITASI D.I. TULANGAN T.A. 2020

Pada tanggal 11 mei 2020 sampai 14 hari kedepan yaitu tanggal 24 Mei 2020 pekerjaan Rehabilitasi D.I. Tulangan yang terletak di Kalurahan Ngargosari, Kapanewon Samigaluh, Kulon Progo telah resmi dihentikan. Hal ini berkaitan dengan virus yang telah merebak saat ini yaitu COVID-19, salah seorang pekerja di Rehabilitasi D.I. Tulangan dindikasikan melakukan kontak langsung dengan pasien positif COVID 19 karena rumah mereka yang berdekatan, sehingga menjadikan lokasi pekerjaan berada di daerah dengan resiko penularan infeksi COVID 19 tinggi.

Kalurahan Ngargosari Kapanewon Samigaluh pada tanggal 9 Mei 2020 telah mengirimkan surat permohonan penghentian pekerjaan sementara kepada Kontraktor Pelaksana yaitu CV KARYA SEJAHTERA yang langsung ditindaklanjuti oleh CV KARYA SEJAHTERA dengan mengirimkan surat kepada Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kulon Progo. Sebagai tanggapan pada tanggal 11 Mei 2020 DPUPKP Kulon Progo mengeluarkan Surat Penetapan Penghentian Pekerjaan Sementara nomor: 10/BA-Covid 19/RPJI/V/2020 dan menetapkan penghentian pekerjaan selama 14 Hari terhitung dari tanggal yang telah ditetapkan yaitu tanggal 11 Mei sampai 24 Mei 2020 dan dapat diperpanjang menyesuaikan situasi dan kondisi yang terjadi.

Selain waktu penghentian pekerjaan surat penetapan tersebut juga berisi:

  1. Melakukan tindakan isolasi secara mandiri bai pekerja lapangan
  2. Penyemprotan desinfektan sarana dan prasarana kantor dan lapangan oleh Pelaksana Pekerjaan Konstruksi
  3. Berakhirnya masa penghentian Pekerjaan sementara ini perlu evaluasi terlebih dahulu.

Dengan adanya kejadian tersebut diharapkan dijadikan perhatian sehingga tidak ada lagi pekerjaan-pekerjaan lain yang terpaksa di hentikan sementara baik di lingkungan DPUPKP maupun di dinas lainnya. Para pekerja terutama pekerja lapangan dihimbau selalu menerapkan anjuran pencegahan Covid19 dengan rajin mencuci tangan dan menjaga jarak serta selalu memakai masker. –WidyaSDA-