Kunjungan Satuan Gugus Tugas Covid 19 DIY Tinjau Rusunawa Giripeni Sebagai Shelter Karantina

Kunjungan Satuan Gugus Tugas Covid 19 DIY Tinjau Rusunawa Giripeni Sebagai Shelter Karantina

 

Wates – Rusunawa Giripeni di Kapanewon Wates telah dipersiapkan menjadi shelter karantina Covid-19 untuk mengantisipasi terjadi lonjakan jumlah pendatang atau pemudik pada masa lebaran Idul Fitri tahun 2020. Dimana sebelumnya sebanyak 87 kalurahan di bawah koordinasi Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial telah menyiapkan 115 selter karantina covid – 19 di Kabupaten Kulbo Progo. Rusunawa giripeni ini disiapkan jika jumlah pemudik yang harus menjalani karantina melebihi shelter yang telah disiapkan oleh masing – masing kalurahan.

Pada hari kamis, 30 April 2020 rusunawa giripeni mendapat kunjungan dari Tim Satgas Covid-19 Diy Bidang Sosial kemasyarakatan terkait monitoring dan evaluasi pelaksanaan persiapan beberapa shelter karantina covid – 19 di Kabupaten Kulon progo. Kunjungan di rusunawa giripeni ini merupakan tujuan akhir setelah sebelumnya melakukan kunjungan di sheter Kalurahan Wijimulyo Nanggulan dan shelter Kalurahan Banjararum Kalibawang.

Didampingi oleh beberapa perwakilan dari pemkab Kulon Progo, Koordinator Satgas Covid – 19 Bidang Kesehatan Kulon progo, Perwakilan Dinsos P3A Kulon Progo, perwakilan dari TNI – Polri, dan perwakilan dari DPUPKP selaku management rusunawa turut menjawab beberapa pertanyaan yang dilontarkan dari perwakilan media massa yang kebetulan juga ikut hadir pada acara kunjungan ini.

Rusunawa Giripeni dipersiapkan untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan jumlah pendatang yang tidak mampu ditampung oleh shelter karantina yang telah disiapkan sebelumnya oleh kalurahan di kabupaten Kulon Progo. Di rusunawa ini telah disiapkan 24 kamar di lantai 2 yang diperuntukan untuk tempat karantina, dimana meliputi 21 kamar diperuntukan untuk karantina dan 3 kamar diperuntukan khusus sebagai ruangan isolasi jika ditemukan ada yang mengalami gejala sakit.

Fasilitas yang diberikan oleh Rusunawa Giripeni pun terbilang lengkap, dimana telah tersedia jaringan listrik, air bersih dan juga setiap kamar telah dilengkapi dengan dapur, dispenser, perlengkapan mandi, dan perlengkapan tempat tidur berikut bantal, sprei dan gorden jendela bagi para penghuni shelter karantina rusunawa. ( Perkim )