WABAH COVID-19, DUA PAKET PEKERJAAN KONSTRUKSI JALAN DI KULON PROGO TETAP BERJALAN

KULON PROGO – Berdasarkan Surat Menteri Keuangan Nomor : S-247/MK.07/2020 tanggal 27 Maret 2020 tentang Penghentian Proses Pengadaan Barang / Jasa Dana Alokasi Khusus Fisik (DAK Fisik) TA 2020, seluruh proses pengadaan barang / jasa untuk seluruh jenis / bidang / sub bidang Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik selain Bidang Kesehatan dan Bidang Pendidikan, baik yang sedang berlangsung maupun belum dimulai prosesnya untuk dapat dihentikan pelaksanaannya. Akan tetapi, sesuai dengan Surat Dirjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Nomor : S-128/PK/2020 tanggal 30 Maret 2020, pekerjaan yang telah selesai proses pengadaan dan penandatanganan kontrak sebelum tanggal 27 Maret 2020 tetap dapat berjalan.

Paket pekerjaan yang didanai DAK 2020 bidang jalan yang masih dapat berjalan yaitu Rekonstruksi / Peningkatan Kapasitas Struktur Jalan (Khusus Kabupaten) Peningkatan Jalan Kec. Kokap - Pripih (reguler) dengan pemenang CV. Yogatama dan Rekonstruksi/ Peningkatan Kapasitas Struktur Jalan (Khusus Kabupaten) Peningkatan Jalan Boro - Gerbosari (Penugasan) dengan pemenang CV. Raharjo Putro yang penandatangannya dilaksanakan pada tanggal 24 Maret 2020. Kedua Paket konstruksi tersebut telah berhasil dilelangkan pada Bagian Pengadaan Barang/ Jasa Sekretariat Daerah Kabupaten Kulon Progo secara elektronik melalui LPSE Kabupaten Kulon Progo. Adapun proses pengadaan / tender telah dilaksanakan dari tanggal 11 Februari 2020 sampai dengan 31 Maret 2020.

Setelah dilakukan penandatanganan kontrak dan penyerahan lapangan oleh PPK kepada penyedia, kemudian dilakukan Rapat Pre Construction Meeting (PCM) dimana rapat tersebut bertujuan untuk menyepakati rencana umum dan pelaksanaan pekerjaan. Akibat bencana nasional yaitu COVID19, banyakhal – hal yang perlu di tindak lanjuti untuk mengurangi penyebaran wabah tersebut contohnya himbauan untuk social dan physical distance (menjaga jarak) antar pekerja, selalu menggunakan masker, membiasakan cucitangan, selalu memperhatikan kondisi pekerja, dllsesuai dengan Protokol / Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) Pencegahan Covid-19 Pada Proyek Konstruksi Di Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kulon Progo.

Beberapa kesulitan yang dihadapi pelaksana saat ini sebelum memulai pelaksanaan dilapangan yaitu mempersiapkan bahan yang sesuai dengan spesifikasi, dengan menguji terlebih dahulu pada laboratorium yang terakreditasi baik di balai besar pengujian atau di Kampus. Akan tetapi saat ini, semua sedang menghadapi / melakukan pencegahan mengurangi penyebaran COVID19 dengan menutup pelayanan, sehingga pengujian – pengujian tidak dapat dilaksanakan yang berakibat mundurnya pelaksanaan konstruksi. (Gigih-BM)