SRI SULTAN MENYAPA “Mangasah Mingising Budi, Memasuh Malaning Bumi”

Sebagai upaya memperkuat dan menindaklanjuti imbauan terkait COVID-19 yang telah disampaikan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X akan menyapa masyarakat melalui agenda #SultanMenyapa setiap hari Selasa pada pukul 08.00 dan akan dimulai pada Selasa (14/04). Agenda ini akan berbentuk pesan tertulis yang akan dipublikasikan melalui media social, media cetak, media online, dan sarana publikasi lainnya

Sri Sultan Menyapa hari ini bertema : “Mangasah Mingising Budi, Memasuh Malaning Bumi”

Ajaran Sri Sultan itu bermakna mengasah ketajaman akal budi, membasuh malapetaka bumi. Relevansinya, kini kita harus meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan, bersamaan dengan melestarikan lingkungan, juga sifat-sifat serakah “3G” golek menange dewe , golek butuhe dewe, golek benere dewe, saatnya dicuci habis.

Kini, adalah saat yang tepat untuk mawas diri, apakah kita cuma mementingkan diri sendiri ataukah migunani tumraping liyan?

Islam mengajarkan sebaik-baiknya manusia adalah mereka yang berguna bagi sesama. Maka, eratkanlah kembali budaya gotong-royong,tidak hanya di desa-desa tapi juga di kota-kota, tidak hanya pada tradisi sambatan seperti di desa, tapi juga wujudkanlah dalam mengatasi masalah bersama bangsa ini. (ririn-sda)

Sumber : dikutip dari Humas Pemda Jogja