VERIFIKASI DATA TEKNIS JALAN DAERAH TAHUN 2020

VERIFIKASI DATA TEKNIS JALAN DAERAH TAHUN 2020

 

LABUAN BAJO – Bertempat di The Jayakarta Suites, Beach Resort, Diving & Spa – Komodo Flores, acara yang bertajuk Verifikasi Data Teknis Jalan Daerah Tahun 2020 diselenggarakan pada hari Rabu-Kamis tanggal 11-12 Maret Tahun 2020 pukul 08.00 WITA-selesai. Daerah yang diundang dalam acara ini sebanyak 60 daerah dimana telah menyelesaikan verifikasi data kondisi di balai/satker P2JN. Adapun ke-enam puluh Daerah tersebut dibagi menjadi 2 (dua) kelompok (masing-masing 30 daerah) yakni kelompok 1 melaksanakan verifikasi data teknis pada hari Rabu tanggal 11 Maret, sedangkan kelompok 2 pada hari Kamis 12 Maret 2020. Dalam acara tersebut,Kabupaten Kulon Progo bersama dengan Kabupaten Sleman, Gunung Kidul dan Provinsi DIY mendapat antrian di hari Kamis, sedangkan Kota Yogyakarta dan Kabupaten Bantul yang termasuk dalam Kelompok 1 melaksanakan verifikasi pada hari Rabu.

Acara dibuka dengan Tarian Ndundu Ndake yang mana dipentaskan untuk menyambut tamu -tamu terhormat dan juga biasa dipentaskan pada pesta besar. Makna dari tarian ini adalah keramahan dan kehangatan dari tuan rumah kepada tamu yang berkunjung. Dari sejarahnya, Ndundu Ndake berarti perempuan yang menari, berlenggak lenggok.(Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Manggarai Barat, 2018)

Kemudian dilanjutkan dengan Tari Rangkuk Alu yang mana Tari ini awalnya merupakan sebuah permainan tradisional masyarakat Manggarai Folres. Dalam permainan ini, bambu akan disusun dan dimainkan dengan cara diayunkan seperti menjepit oleh beberapa orang pemain. Salah satu atau dua dari pemain akan melompat-lompat menghindari jepitan dari bambu ini. Pada saat melompat-lompat menghindari jepitan, para pemain seakan melakukan gerakan tari. Dari situlah awal terbentuknya dari gerakan dasar Tari Rangkuk Alu ini. Gerakan para penari dan pemain bambu ini kemudian dipadukan dengan irama musik serta lagu daerah sehingga akan menghasilkan seni yang khas, yakni Tari Rangkuk Alu. Dahulunya, tarian ini sering ditampilkan pada saat usai panen raya dan pada saat bulan purnama. Disaat itulah para remaja berkumpul dan juga meramaikan acara ini. (Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Manggarai Barat, 2018)

Sebelum memasuki acara inti, Kepala Pusat Fasilitasi Infrastruktur Daerah (PFID) memberikan presentasi tentang Arah Kebijakan DAK Bidang Jalan TA 2021 yang mencakup Penyelenggaraan DAK, Mekanisme Pengusulan DAK TA 2021, Data Teknis DAK Bidang Jalan TA 2020, Kriteria Teknis DAK TA 2021, Verifikasi Data Teknis DAK Bidang Jalan TA 2020, Persyaratan Perubahan SK Status Jalan TA 2021, Kendala Teknis Bidang Jalan, dan Isu Strategis.

Dalam melaksanakan Verifikasi Data Teknis Jalan Daerah Tahun 2020 pihak PFID meminta kelengkapan data dalam bentuk softcopy dan hardcopy diantaranya:

1. Database jalan (DD1) akhir tahun 2019

2. Database jembatan (DD2) akhir tahun 2019

3. Data back up kondisi jalan hasil survei RCS dengan metode SDI per 200 m

4. Dokumentasi pelaksanaan survei kondisi jalan per 200 meter

5. Data pendanaan APBD tahun 2020 (data pemeliharaan rutin jalan, data APBD bidang infrastruktur jalan, total APBD keseluruhan yang terdapat dalam DPA tahun 2020 yang telah dilegalisasi

6. Data tingkat keterhubungan/konektivitas jalan (diperoleh dari masterplan jaringan jalan/renstra/RPJMD/RTRW)

7. Form Isian Database Capaian Dak TA 2015-2019

8. Format Harga Satuan Kegiatan Penanganan Jalan Tahun 2020 Kabupaten Kulon Progo berhasil menyelesaikan Verifikasi Data Teknis Jalan Daerah setelah melakukan konsultasi 1 (satu) kali dan revisi 1 (satu) kali. Kemudian pada tahap pemberkasan, PFID meminta Lembar Kontrol SiPDJD (Sistem PengeIo!aan Database JaIan Provinsi dan Kabupaten/Kota) TA 2020, Form Pendanaan APBD tahun 2020, Format Harga Satuan Kegiatan Penanganan Jalan Tahun 2020, dan Form Isian Database Capaian Dak TA 2015-2019. Tahapan selanjutnya setelah Acara Verifikasi Data Teknis Jalan Daerah adalah Verifikasi Usulan DAK TA 2021 yang akan diselenggarakan pada tanggal 6-24 April Tahun 2020.

Sumber:

1. https://www.manggaraibaratkab.go.id/profil-daerah/sejarah/19-wisata-budaya/168-tarian-ndundu-ndake

2. https://manggaraibaratkab.go.id/19-wisata-budaya/158-tarian-rangkuk-alu

(abs-bm)