Penyiapan Penghunian Rusunawa Giripeni

            Rumah Susun Sewa (rusunawa) Giripeni merupakan salah satu rusunawa yang terdapat di Kabupaten Kulon Progo. Rusunawa ini beralamat di Gn. Gempal, Giri Peni, Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55651. Rusunawa ini selesai dibangun pada tahun 2017 dengan kapasitas unit sebanyak 98 unit hunian. Akan tetapi hingga tahun 2019, rusunawa Giripeni belum dapat dihuni. Hal tersebut terkendala pada kesiapan sarana prasarana yang ada di rusunawa serta pada permasalahan administratif.

            Pada medio 2019 kemarin dengan intensifnya kordinasi antara pihak Pemerintah Daerah dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan, bersepakat untuk melakukan upaya-upaya agar rusunawa Giripeni dapat segera dihuni. Pada periode akhir tahun 2019, setelah dilakukan pengecekan, rusunawa Giripeni dilakukan revitalisasi untuk memperbaiki dan memfungsikan kembali fasilitas-fasilitas, sarana prasarana yang ada di rusunawa yang rusak atau tidak berfungsi. Revitalisasi terhadap rusunawa Giripeni dilakukan kurang lebih tiga bulan dan selesai pada akhir tahun 2019.

            Pada awal tahun 2020, rusunawa Giripeni mulai membuka pendaftaran untuk calon penghuni rusunawa. Permasalahan administratif juga telah terselesaikan dengan adanya izin pemanfaatan dari  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sembari tetap berproses untuk kelengkapan-kelengkapan yang dibutuhkan untuk serah terima aset. Hingga pertengahan bulan Maret 2020 ini terdapat 20 pendaftar yang menjadi calon penghuni rusunawa Giripeni. Saat ini, rusunawa Giripeni masih berproses pada penyiapan hunian-hunian beserta fasilitas penunjangnya, seperti pengecekan ulang untuk fungsi-fungsi penunjang, pembersihan unit-unit agar bisa memberikan kenyamanan yang maksimal kepada para penghuninya. Menurut rencana, rusunawa Giripeni akan siap ditempati pada bulan April 2020 ini.