KEGIATAN TP-OP KALIBAWANG

Sesuai dengan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Satuan Kerja Perangkat Daerah Tugas Pembantuan Operasi dan Pemeliharaan Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral Daerah Istimewa Yogyakarta (SKPD TPOP DPUP-ESDM DIY) melaksanakan Program Pengelolaan Sumber Daya Air, dengan Kegiatan Operasi dan Pemeliharaan Sarana Prasarana Sumber Daya Air.

Kegiatan tersebut adalah dengan melaksanakan Tugas Pembantuan Operasi dan Pemeliharaan pada Daerah Irigasi kewenangan pusat di wilayah administratif Pemda DIY, salah satunya adalah Daerah Irigasi Kalibawang dengan luas areal 7.152 Ha yang berada utuh di wilayah Kabupaten Kulon Progo dengan panjang jaringan irigasi 125,99 Km.

Kegiatan Operasi dan Pemeliharaan Sarana Prasarana Sumber Daya Air merupakan kegiatan yang bertujuan mempertahankan kondisi jaringan irigasi tetap dalam keadaan baik dan siap untuk mendistribusikan air irigasi sehingga pelayanan terhadap masyarakat terutama para pemakai air bisa berjalan dengan lancar, begitu juga dengan rencana tanam dapat terpenuhi sesuai dengan target dan diharapkan berdampak pada peningkatan produksi tanaman pangan sehingga swasembada pangan dapat dipertahankan, untuk mendukung ketersediaan beras di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kegiatan TP-OP dibagi dalam beberapa sub kegiatan, yaitu :

  1. Operasi Rutin

Operasi rutin merupakan tindak lanjut dari hasil-hasil sidang Komisi Irigasi maupun kesepakatan-kesepakatan rapat operasi dengan pengoperasian pintu-pintu air.

Rapat-rapat petugas operasi dan P3A, guna merencanakan pengoperasian pintu-pintu air sesuai dengan kondisi ketersediaan dan kebutuhan air yang dibutuhkan oleh masyarakat secara rutin di lapangan.

Operasi rutin diawali dengan kegiataan koordinasi penyusunan Rencana Pola dan Tata Tanam, Jadwal Tanam, Jadwal Pembagian Air dan pendistribusian air untuk keperluan tanaman pada petak petak tersier yang dilaksanakan secara rutin oleh petugas OP dan instansi terkait termasuk GP3A dan unit P3A maupun forum-forum komunikasi P3A yang diawali dengan pengisian blangko-blangko operasi.

Untuk Daerah Irigasi Kalibawang hasil dari kegiatan ini tertuang dalam Peraturan Bupati Kulon Progo No 37 Tahun 2019 tentang Tata Tanam tahunan periode 2019-2020.

Kegiatan operasi rutin dimaksudkan untuk mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat tani dalam hal informasi, program-program kerja, pendistribusian air irigasi, rencana tanam, pola tata tanam, rencana pemeliharaan jaringan irigasi dan pengelolaan daerah irigasi secara keseluruhan.

 

  1. Pemeliharaan Berkala

Pemeliharaan berkala dimaksudkan untuk menjaga jaringan irigasi dalam kondisi mantap seperti pada awal pembangunan dan berfungsi secara baik. Tujuannya agar jaringan irigasi dapat dioperasikan dengan maksimal. Bangunan pengatur dapat berfungsi dengan baik sehingga distribusi air dapat dilaksanakan dengan tepat jumlah, tepat waktu, tepat sasaran, kelestarian jaringan irigasi dan bangunan pelengkapnya dapat terwujud serta dapat memperpanjang umur bangunan.

  1. Pemeliharaan Rutin

Pelaksanaan pemeliharaan rutin jaringan irigasi diantaranya adalah pembersihan sampah yang menghalangi kelancaran aliran air di saluran, bangunan-bangunan bagi, sadap, dan bangunan lainnya serta melaksanakan babat rumput dan semak-semak baik ditanggul saluran maupun yang tumbuh liar yang dapat mengganggu kelancaran aliran air, serta pembersihan pelumas pada pintu-pintu ulir dan membersihkannya secara rutin serta melakukan pengecatan pada pintu-pintu air dan pendukung lainnya.

Pemeliharaan rutin jaringan irigasi merupakan kegiatan perawatan dalam rangka mempertahankan kondisi jaringan irigasi tanpa ada bagian konstruksi yang diubah atau diganti, yang dilakukan secara rutin antara lain :

  1. Pemeliharaan tanggul dari lubang-lubang bocoran
  2. Membersihkan saluran dan bangunan dari tanaman liar dan semak-semak
  3. Pembuangan endapan lumpur / walet di bangunan dan saluran
  4. Membersihkan saluran dan bangunan dari sampah dan kotoran
  5. Memelihara tanaman lindung di bangunan dan saluran
  6. Memberikan minyak pelumas pada bagian pintu
  7. Melaksanakan pengecatan pintu air dan bangunan pendukungnya

Sedangkan jadwal pelaksanaan kegiatan dilaksanakan rutin selama 12 (dua belas) bulan dari bulan Januari sampai Desember di Jaringan Irigasi Kalibawang maupun Van Der Wijck.

  1. Penyusunan AKNOP

Kegiatan ini dilaksanakan guna mendapatkan data yang akurat tentang kondisi jaringan irigasi sebagai dasar evaluasi dan monitoring yang bertujuan tersedianya data dan desain sebagai bahan usulan penanganan pada tahun anggaran berikutnya, dengan demikian usulan tersebut merupakan kebutuhan pada masing-masing daerah irigasi yang di sesuaikan dengan keinginan masyarakat.

Jadwal pelaksanaan survey AKNOP dilaksanakan selama 3 bulan, yaitu dimulai bulan September sampai bulan November.

  1. Dukungan Internal Lainnya

Kegiatan ini berupa operasional perkantoran pada SKPD pengelola kegiatan yang bertugas membuat rencana, melaksanakan, memantau, dan mengevaluasi serta membuat / melaksanakan pelaporan kegiatan sesuai dengan tanggung jawab, baik fisik maupun keuangan dan tercapainya target per sub kegiatan, konsultasi pelaksanaan tahun berjalan maupun dalam rangka usulan penanganan tahun berikutnya.

Di dalam kegiatan ini terdapat tim inti penanggungjawab keuangan SKPD TP-OP yang terdiri dari Kuasa Penggunaan Anggaran (KPA), Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Pejabat Penguji Tagihan dan penandatanganan Surat Perintah Membayar (PPSPM), Bendahara Pengeluaran, dan Staf Pengelola. (-ririn-)