PERESMIAN PROGRAM NASIONAL PAMSIMAS 2019 DI 10 KALURAHAN DI KABUPATEN KULON PROGO

PERESMIAN PROGRAM NASIONAL PAMSIMAS 2019 DI 10 KALURAHAN

DI KABUPATEN KULON PROGO

Program Nasional Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) untuk 10 Kalurahan di Kabupaten Kulon Progo Tahun Anggaran (TA) 2019 telah selesai dilaksanakan. Dalam kesempatan kali ini, acara Peresmian pada hari Rabu, 05 Februari 2020 yang berlokasi di sekitar bangunan reservoir PAMSIMAS Kalurahan Tayuban, Kapanewon Panjatan diresmikan oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Kulonprogo Drs. Eko Pranyoto yang hadir untuk mewakili Bupati Kulon Progo.

a

Gambar 1 : Pemotongan Pita oleh Staf Ahli Bupati, Drs. Eko Pranyoto

Dalam kesempatan tersebut, Eko Pranyoto memberikan sambutan mewakili Bupati Kulon Progo, dengan menekankan tentang rasa ‘handarbeni’ (rasa memiliki). Dengan maksud sarana prasarana yang telah dibangun hendaknya dipelihara dengan baik. “Apabila ada kerusakan agar secepatnya diperbaiki secara gotong royong” pesannya. Pula, Ia menambahkan “Jangan hanya bangga harga lebih murah dari PDAM, dan tidak berumur panjang, maka diharapkan, para pengurus KKM atau KP-SPAMS di 10 Kalurahan terserbut dapat mengelola dengan baik dan bersama masyarakat dapat merasa saling memiliki. Turut Hadir pula Bupati Kulon Progo periode 2001-2011, yakni H. Toyo Santoso Dipo. Serta Kepala Balai Prasarana dan Permukiman Wilayah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Ibu Tri Rahayu.

Program Pamsimas merupakan Program yang didukung oleh 5 kementerian, yakni Kemenkeu, KemenPUPR, KemenKes, KemenDesa dan PDTT serta Bappenas yang dalam pelaksanaannya, 8 Kalurahan, yakni Kalurahan Bojong, Bugel, Demen, Giripeni, Hargotirto, Jatisarono, Karangsari dan Margosari, didanai oleh APBN , APBDes dan swadaya masyarakat, baik tenaga maupun iuran. Sedangan dua kalurahan lainnya yakni Kalurahan Plumbon dan Kalurahan Tayuban didanai oleh APBD Kulon Progo , APBDes dan swadaya masyarakat, baik tenaga maupun iuran. Adapun lampirannya sebagai berikut :

NO KALURAHAN KAPANEWON NAMA KKM TOTAL BIAYA

1 Bojong   Panjatan KKM BANYU ALAM 300.000.000

2 Bugel     Panjatan KKM BANYU BENING 350.000.000

3 Demen   Temon KKM TIRTO SARI BUMI 350.000.000

4 Giripeni  Wates KKM BANYU GIRI 350.000.000

5 Hargotirto Kokap KKM SUMBER TIRTO ASRI 430.000.000

6 Jatisarono Nanggulan KKM TIRTA HARAPAN 350.019.000

7 Karangsari Pengasih KKM BANYU MILI 350.000.000

8 Margosari  Pengasih KKM SEGORO AMATIR 350.000.000

9 Plumbon   Temon KKM TIRTO AYEM 350.000.000

10 Tayuban  Panjatan KKM TIRTO WENING 320.000.000

Acara peresmian ini juga dilakukan seremonial penyerahan dokumen dari 10 pengurus KKM di masing-masing kalurahan kepada Ketua DPMU (District Project Management Unit) yang diwakili oleh Ibu Silvi Irvi Yanti, S.T. selaku Kepala Seksi Penyehatan Lingkungan di Dinas PUPKP Kulon Progo. Serta diresmikan dengan seremonial pemotongan pita pada bangunan reservoir Pamsimas Kalurahan Tayuban oleh Bapak Drs. Eko Pranyoto.

Gambar 2 : Serah Terima Dokumen dari Pengurus KKM kepada DPMU

Sambutan juga disampaikan oleh Penjabat Kepala Kalurahan Tayuban, perwakilan dari Kapanewon Panjatan “Pamsimas dapat dikelola Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan menjadi sebuah potensi yang luar biasa untuk mendukung peningkatan Pendapatan Asli Desa (PADes)” ujarnya. Bersaing dengan penyedia layanan air lainnya, Pamsimas mempunyai keunggulan karena sistem pengelolaannya dari masyarakat, oleh masyarakat, dan untuk masyarakat. Tarif pemakaian terbilang murah berkisar Rp. 2.000,- hingga Rp. 2.500,- per meter kubik dengan biaya beban hanya Rp. 5.000,- saja.

a

Gambar 3 : Penandatanganan Prasasti oleh Bupati Kulon Progo (di Kantor Bupati)

Di Kabupaten Kulon Progo, Program Pamsimas merupakan salah satu program andalan pemerintah daerah untuk meningkatkan akses penduduk pedesaan terhadap fasilitas air minum dan sanitasi yang layak dengan pendekatan berbasis masyarakat dalam rangka pencapaian target akses universal air minum dan sanitasi serta untuk capaian Sustainable Development Goals/ SDG’s. (Fino-CK)