FGD PENYUSUNAN RANCANGAN PERUBAHAN RENSTRA DPUP-KP

PENYUSUNAN RANCANGAN PERUBAHAN RENSTRA DPUP-KP

 

Renstra (Rencana Strategis) disusun dengan berorientasi pada hasil yang ingin dicapai mulai tahun 2017 sampai dengan tahun 2022. Penyusunannya melalui suatu proses sistematis yang berkelanjutan dengan memanfaatkan pengetahuan antisipatif dan pengorganisasian usaha-usaha pelaksanaannya, mengukur keluaran dan hasilnya dengan memperhitungkan potensi, peluang dan kendala yang ada. Proses tersebut telah menghasilkan Renstra Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kulon progo yang memuat tujuan, sasaran, strategi dan kebijakan serta program dan kegiatan yang akan dilaksanakan sampai dengan tahun 2022.

Renstra sebagai penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kabupaten Kulon Progo tahun 2017 s.d 2022,  juga sebagai pedoman dalam penyusunan Rencana Kerja (Renja) Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kulon Progo. Sehingga pelaksanaan pembangunan Infrastruktur dan Perumahan dan Permukiman dapat lebih terarah dalam mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan

Fungsi lain dari Renstra ialah sebagai tolok ukur dalam mengevaluasi dan laporan kinerja tahunan dan lima tahunan Organisasi Perangkat Daerah ( OPD), sehingga dapat mengukur kemampuan OPD dalam pencapaian sasaran

Secara lebih lengkap, keterkaitan dokumen Renstra dengan dokumen lainnya sebagai berikut :

Dokumen Renstra ini merupakan penjabaran Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dengan ruang lingkup OPD yaitu Rencana Pembangunan Jangka Menengah Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kulon progo, yang setiap tahun akan dijabarkan dan menjadi acuan dalam penyusunan Rencana Kerja (Renja) Dinas Pekerjaan UmumPerumahan dan Kawasan Permukiman atau Rencana Pembangunan Tahunan (RPT) Satuan Kerja Perangkat Daerah, yang selanjutnya ditetapkan sebagai Rencana Kinerja Tahunan (RKT) Dinas Pekerjaan Umum dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kulon progo.

Berkenaan dengan penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), yang merupakan salah satu instrumen pertanggungjawaban pemerintah, maka Renstra  ini merupakan langkah awal untuk melakukan pengukuran kinerja instansi pemerintah sebagaimana ketentuan Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 1999 dan sekaligus langkah awal untuk melaksanakan mandat yang diemban Dinas Pekerjaan UmumPerumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kulon progo sebagaimana ketentuan Peraturan Bupati Kulon progo Nomor 54 Tahun 2016 tentang Rincian Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Dinas Pekerjaan Umum dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kulon Progo.

Sesuai Surat Edaran Bupati Kulon Progo, Nomor 050/5668 tanggal 29 Oktober 2019 tentang Penyusunan Rancangan Perubahan Renstra Perangkat Daerah,  maka semua OPD diwajibkan melakukan Penyusunan Rancangan Perubahan Renstra Perangkat Daerah berdasarkan pada Rancangan Awal Perubahan RPJMD dan selanjutnya disampaikan ke Kepala Bappeda paling lambat 31 Oktober 2019.

Salah satu tahapan penyusunannya adalah dengan diadakan acara FGD (Focus Discusion Group) dengan melibatkan OPD terkait dan unsur swasta lainnya. Acara tersebut sudah diselenggarakan pada tanggal 30 Oktober 2019 bertempat di ruang rapat VIP DPUP-KP.