Peringatan Hari Habitat di Rusunawa Tuksono

Hari Habitat Sedunia ditetapkan oleh PBB pada tahun 1985 dan dirayakan pertama kali pada tanggal 2 Oktober tahun 1986. Hari Habitat Sedunia memiliki tujuan untuk merefleksikan keadaan perkotaan dan pemenuhan hak dasar untuk memiliki tempat tinggal yang memadai. Dalam rangkaian peringatan Hari Habitat (World Habitat Day) di DI Yogyakarta pada tahun 2019 ini, diperingati bersamaan dengan peringatan Hari Kota Dunia (World Cities Day) yang ditetapkan setiap tanggal 31 Oktober.

Pemerintah Propinsi DI. Yogyakarta, mengadakan agenda tersebut dalam beberapa rangkaian kegiatan yang dimulai pada tanggal 3-6 Oktober 2019 dan bertempat di halaman Kantor Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Yogyakarta. Agenda pada acara tersebut antara lain : pameran produk ekonomi kreatif masyarakat, diskusi panel, site visit dan diskusi pada lokasi best practice, workshop dan sarasehan di lokasi sebagai pembelajaran bersama. Acara ini dihadiri oleh OPD propinsi dan kota/kabupaten, LSM, Kotaku, komunitas/paguyuban masyarakat, mahasiswa, serta kelompok peduli tata ruang. Tema yang diangkat pada rangkaian acara ini adalah "Refleksi warga kota atas hak dasar untuk ruang hidup yang layak".

Pada hari Minggu tanggal 27 Oktober 2019  masih dalam rangkaian perayaan hari habitat, Satuan Kerja Non-Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Propinsi DI. Yogyakarta memperingati hari habitat dengan tema “Clean Up Day” yang diadakan di rusunawa Tuksono, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo. Acara ini dihadiri oleh pemerintan pusat, propinsi, dan kabupaten, Kotaku, kelompok peduli, serta masyarakat sekitar serta penghuni rusunawa Tuksono. Pada acara peringatan ini, diadakan kegiatan bersih-bersih rusunawa dan lingkungan sekitarnya, penanaman pohon, pengecatan kanstin, lomba menggambar anak-anak, serta penyerahan bantuan kepada pihak rusunawa dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan. Dengan adanya acara ini diharapkan menjadi pemicu masyarakat untuk terus menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggalnya agar tercipta kesehatan baik jasmani dan rohani yang dilaksanakan secara konsisten dan berkelanjutan.