Kunjungan Gubernur DIY Meninjau Rencana Pembangunan Infrastruktur di Kulon Progo

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, melakukan kunjungan ke Kabupaten Kulon Progo pada Senin, 15 Januari 2024. Kunjungan diawali dengan melakukan peresmian ikon pariwisata Kulon Progo yang ada di simpang Milir, dilanjutkan dengan panen melon bersama di kompleks Wanadelima, dan kemudian meresmikan Prasasti Bedhol Desa di Waduk Sermo. Gubernur DIY didampingi oleh Penjabat Bupati Kulon Progo, Forkopimda, dan kepala OPD.

Selain mengunjungi tiga lokasi tersebut, Gubernur DIY juga meninjau rencana pembangunan infrastruktur berupa pembangunan fly over Triharjo serta pembangunan di kawasan Pantai Congot. Fly over Triharjo sudah lama direncanakan akan dibangun guna mengurangi perlintasan sebidang kereta api. Selain itu, juga akan digunakan untuk menghubungkan antara exit toll Yogya – YIA dengan jalan nasional di simpang Tambak. Dalam kesempatan yang singkat, Gubernur DIY dan Penjabat Bupati Kulon Progo mendiskusikan terkait kesiapan dana dan proses pembebasan tanah yang harus dilakukan sebelum proses konstruksi fisik dimulai.

Lokasi terakhir yang dikunjungi adalah kawasan Pantai Congot, bertempat di TPI yang baru saja selesai dibangun. Di lokasi tersebut dipaparkan master plan kawasan Pantai Glagah dan Pantai Congot. Selain itu dipaparkan juga rencana pembangunan jalan penghubung menuju Pantai Congot, jalan kabupaten ruas Jangkaran - Pantai Congot, yang lokasinya tepat persis di sebelah barat pagar Bandara YIA. Pembangunan jalan ini rencananya akan dilakukan pada tahun ini.

(BM)