STRATEGI UNTUK MEWUJUDKAN IMPIAN

Rabu, 16 Oktober 2019 14:59:42 - Oleh : Bidang Bina marga DPUP-KP

STRATEGI UNTUK  MEWUJUDKAN  IMPIAN

 

JAKARTA -Pada tanggal 3 Oktober 2019, sebuah forum diskusi yang bertajuk "Strategi Untuk Mewujudkan Impian" digelar di President Lounge, Menara Batavia,  Jalan K.H Mas Mansyur Kav.126 Jakarta. Forum diskusi tersebut diinisiasi oleh PT Jababeka Tbk dan dihadiri oleh  Menteri PUPR RI, Menteri Agraria dan Tata Ruang Indonesia, Perwakilan Daerah, dan bererapa pengusaha.

Forum tersebut membahas bagimana stretegi Pemerintah Republik Indonesia untuk mewujudkan 100 kota metropolitan baru.  Berdasarkan sambutan Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono bahwa untuk mendukung pembangunan kota metropolitan baru harus melakukan beberapa langkah yang harus dilakukan. Langkah pertama adalah mengidentifikasi lokasi dengan potensi paling kuat untuk tumbuh.  Langkah selanjutnya adalah memanfaatkan kekuatan ini dan menciptakan konektivitas yang diperlukan untuk ekonomi global untuk pengembangan kawasan.

Dalam menciptakan konektivitas yang dimaksud adalah koneksi bandara, pelabuhan dan akses jalan saling terkoneksi dalam suatu wilayah. Salah satu bentuk pengembangan perkotaan dari segi jalan, misalnya dibuat rencana jangka pendek pembangunan pembuatan tol baru yang terdiri dari ruas tol Semarang-Surabaya (327 km), Semarang-Demak (25 km), Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (184 km), Bawen-Yogyakarta (104 km), Solo-Yogyakarta (41 km)    .

Ketika aspek pendukung mulai dibangun, masing-masing daerah harus responsif terhadap keadaan yang ada sehingga memberikan dampak postif dalam kemajuan daerah tersebut. Misal dengan kekayaan alam yang ada, daerah harus mampu menyerap pendapatan dari sektor pariwisata dan lainnya.Kemajuan di bidang industri akan membuat banyak investor  hadir di Indonesia dan harus dimanfaatkan dengan mengarahkan para investor masuk ke daerah-daerah.Selain itu,tuntutan kemajuan zaman juga membuat daerah agar selalu memperkaya daerahnya melalui teknologi yang ada.

Pembangunan kota metropolitan baru bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Sehingga diharapkan pertumbuhan ekomoni disetiap daerah akan meningkat dan kesejahteraan warganya juga akan meningkat.

Selain itu diumumkan bahwa dalam rencana pemindahan ibukota akan dilaksanakan sayembara gagasan desain kawasan Ibu kota negara yang SMART METROPOLIS yang dimulai pendaftarannya pada 2 -18 Oktober 2019.

« Kembali | Kirim | Versi cetak