Rumah Layak Untuk Rakyat

Kamis, 1 Agustus 2019 14:42:37 - Oleh : Bidang Perumahan dan permukiman

Rupiah untuk sampah di Kulon Progo

Pedoman dan Skema Tata Cara Mengurus IMB Kabupaten Kulon Progo tahun 2019

PENYEDIAAN AIR BERSIH DI DESA KALINTUNG, TEMON

PENYUSUNAN DATABASE KEGIATAN SANITASI DI KELURAHAN WATES

Ruang Belajar Komunal Ramah Anak Di Rusunawa Tuksono

 

Rumah Layak Untuk Rakyat

 

Rumah merupakan kebutuhan dasar bagi setiap individu. Rumah adalah tempat berlindung, tempat berkumpul, tempat beristirahat dan tempat membangun atau membina sebuah keluarga. Lebih dari itu semua rumah merupakan tempat dimulainya pertumbuhan setiap generasi. Untuk itu rumah yang sehat, aman, nyaman dan layak untuk dihuni menjadi penting bagi seluruh keluarga dan masyarakat indonesia.

 “Rumah bukan hanya semata – mata aset atau investasi, tetapi yang utama rumah adalah untuk pembinaan keluarga. Karena itu, rumah layak huni sangat penting. Kalau pembinaan keluarga di rumah baik, maka masyarakat dan negara akan baik pula” oleh Syarif Burhanuddin, Dirjen Penyediaan Perumahan PUPR Periode 2015-2017, dalam Buku Dibalik program satu juta rumah.

Masalah Rumah layak huni juga menjadi perhatian serius bagi pemerintah. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah guna menyediakan rumah layak huni bagi seluruh lapisan masyarakat terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah ( MBR ). Diantaranya upaya yang dilakukan pemerintah baik dari sisi penyediaan, maupun pembiayaan melalui sejumlah program

Dari sisi penyediaan, pemerintah mengalokasikan anggaran untuk program pembangunan rumah susun ( Rusun ) bagi MBR, Rumah Khusus ( Rusus ), Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya ( BSPS ) dan Bantuan Prasarana Sarana Utilitas ( PSU )

Selain penyediaan pembangunan rumah, pemerintah juga menyalurkan sejumlah skema subsidi untuk meningkatkan kemampuan MBR untuk memiliki rumah, yakni KPR Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan ( FLPP ), Subsidi Selisih Bunga Kredit Perumahan ( SSB ), Subsidi Bantuan Uang Muka ( SBUM ) dan Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan ( BP2BT ).

Semua upaya diatas merupakan bentuk keseriusan pemerintah dalam rangka menyediakan rumah layak huni bagi masyarakat berpenghasilan rendah yang terkandung dalam salah satu program strategis nasional pemerintah yaitu program satu juta rumah. Berbagai elemen pemangku kepentingan baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, masyarakat maupun sektor swasta lainnya  dirasa perlu untuk bahu membahu dalam mensukseskan program ini.

Mengingat betapa pentingnya kehadiran rumah layak huni ditengah-tengah kehidupan  masyarakat, Dinas Pekerjaan Umum  Perumahan dan Kawasan Permukiman Pemerintah Kabupaten Kulon progo melalui bidang Perumahan dan permukiman berusaha untuk memberikan sedikit sumbangsih kepada masyarakat khususnya warga kulon progo dengan menyediakan layanan konsultasi desain rumah sederhana gratis bagi masyarakat berpenghasilan rendah dan video tutorial panduan rumah layak huni yang dapa ti akses di website Dinas Pekerjaan Umum  Perumahan dan Kawasan Permukiman Pemerintah Kabupaten Kulon progo.

Dikarenakan sasaran kegiatan ini adalah masyarakat berpenghasilan rendah, Tentunya akan ada beberapa batasan untuk dapat mengajukan permohonan jasa pembuatan desain rumah gratis ,seperti diantaranya : desain rumah tidak lebih dari 1 lantai, desain rumah type 36,dll.

Fasilitas layanan konsultasi desain rumah gratis dan video tutorial panduan rumah sederhana layak huni dapat diakses pada website website Dinas Pekerjaan Umum  Perumahan dan Kawasan Permukiman Pemerintah Kabupaten Kulon progo.

Langkah – langkah untuk mengakses layanan konsultasi desain rumah sederhana gratis dan Panduan Rumah Layak Huni pada Website Dinas Pekerjaan Umum  Perumahan dan Kawasan Permukiman Pemerintah Kabupaten Kulon progo yaitu sebagai berikut :

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak