Penutupan Jaringan Irigasi Pekik Jamal

Rabu, 19 Juni 2019 16:27:53 - Oleh : Bidang SDA

Pekik Jamal

TATA CARA PELAPORAN KERUSAKAN DAN USULAN PEKERJAAN MELALUI GOOGLE FORM

Pengujian SandCone

Pentingnya Bangunan Bercirikhas Yogyakarta yang Menampilkan Kearifan Lokal Kabupaten Kulon Progo.

aerotropolis city bagian 2

Aerotropolis city bagian 1

 

Pada hari Senin, 17 Juni 2019 sekitar pukul 07.30 WIB dilakukan pengurasan dan penutupan pintu pengambilan (intake) di Bendung Pekik Jamal, sehingga penyaluran air irigasi untuk Jaringan Irigasi Pekik Jamal terhenti.

Bendung yang terletak di Desa Bojong, Kecamatan Panjatan Kabupaten Kulon Progo tersebut dikuras dalam rangka Pembangunan Tanggul Kali Serang yang sempat rusak saat musim hujan pada bulan Maret lalu. Adapun pekerjaan pembangunan tersebut dilaksanakan oleh BBWS-SO melalui Penyedia Jasa PT. Jaya Konstruksi. Selain itu juga dilakukan Rehabilitasi tanggul kiri Kedung Kebo Kuning serta tanggul kiri bagian hilir dari  Jembatan Bendungan.

Sebelum penutupan Jaringan Irigasi Pekik Jamal tersebut Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kulon Progo sudah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait. Pertemuan yang dipimpin oleh R. Kuntarso, ST selaku Kepala Seksi Konservasi pada Bidang Sumber Daya Air tersebut dihadiri anatara lain dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo, BBWS-SO, Muspika Kecamatan Wates dan Panjatan, serta P3A maupun GP3A Pekik Jamal yang memperoleh air irigasi dari Jaringan Irigasi Pekik Jamal.

Hasil koordinasi tersebut memang menyepakati bahwa penutupan Jaringan Irigasi Pekik Jamal dilaksanakan pada pertengahan bulan Juni dan direncanakan akan dibuka kembali pada akhir bulan Juli agar tidak mengganggu produktivitas tanaman padi di wilayah tersebut. -fta-

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak