SEKILAS PELATIHAN DASAR (LATSAR) CPNS DPUP-KP

Rabu, 12 Juni 2019 09:32:57 - Oleh : Bidang SDA

TATA CARA PELAPORAN KERUSAKAN DAN USULAN PEKERJAAN MELALUI GOOGLE FORM

Pengujian SandCone

Pentingnya Bangunan Bercirikhas Yogyakarta yang Menampilkan Kearifan Lokal Kabupaten Kulon Progo.

aerotropolis city bagian 2

Aerotropolis city bagian 1

 

Pelatihan dasar Calon Pegawai Negeri Sipil  Golongan III Gelombang 3 Tahun 2019 dimulai pada tanggal 03 Mei 2019 yang diawali dengan materi Bela Negara selama 5 hari di Dodiklatpur Rindam IV Diponegoro Klaten yang akan membentuk sikap dan perilaku ASN. Di lembaga pendidikan TNI AD para peserta dibekali materi tentang bela negara dengan menunjukkan sikap perilaku dan kedisplinan dalam suatu kesiapsiagaan dalam menjalankan tugas jabatan PNS secara profesional sebagai pelayan masyarakat. Kemampuan tersebut diperoleh melalui pelatihan kesehatan jasmani dan mental, baris-berbaris, tata upacara sipil dan keprotokolan, dan kesiapsiagaan secara terintegrasi kedisiplinan. Usai kegiatan di Klaten peserta diklat pindah menuju PPSDM Kementerian Dalam Negeri Regional Yogyakarta untuk diasramakan, tetapi mengingat banyaknya peserta Latsar yang mencapai 440 orang dalam satu gelombang maka pelaksanaan diklat on campus dilaksanakan di 4 hotel yang berada di Kota Yogyakarta.

 

Selama pelaksanaan on campus diisi dengan materi nilai-nilai dasar ASN yang disingkat dengan ANEKA (Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu, Anti Korupsi). Peserta latsar diberi bekal tersebut agar nantinya diterapkan di instansi masing-masing. Selain itu juga diberikan materi tentang kedudukan dan peran ASN untuk menjalankan fungsi ASN sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan publik, perekat dan pemersatu bangsa sehingga mampu mengelola tantangan dan masalah keragaman sosial-kultural dengan menggunakan perspektif Whole of Government dalam mendukung pelaksanaan tugas jabatannya. Kemampuan tersebut diperoleh melalui pembelajaran mata pelatihan Manajemen ASN, Pelayanan Publik, dan Whole of Government. Setelah peserta latsar mempelajari mata pelatihan tersebut, peserta melakukan studi lapangan dengan tujuan untuk memperkuat pemahaman terhadap pembelajaran pengetahuan tentang kedudukan dan peran PNS dalam NKRI.

Setelah pembelajaran on campus selesai peserta latsar dituntut untuk membuat Rancangan Aktualisasi yang akan dilaksanakan di instansi masing-masing. Rancangan aktualisasi ini mengangkat isu atau permasalahan yang terdapat di unit kerja peserta. Setelah menemukan isu yang dikoordinasikan dan disetujui oleh Mentor (Kasie atau Kabid) selanjutnya membuat proposal yang diajukan dalam Seminar Rancangan Aktualisasi yang dihadiri oleh Mentor (dari unit kerja), Coach (dari PPSDM), dan Penguji (dari PPSDM). Agenda selanjutnya adalah masa off class yaitu pelaksanaan habituasi di instansi masing-masing selama kurang lebih 60 hari terhitung sejak awal Juni hingga akhir Juli untuk menyelesaikan Laporan Aktualisasi tersebut.

Evaluasi akhir dari pelatihan dasar CPNS ini melalui presentasi seminar pelaksanaan aktualisasi yang akan dilaksanakan pada tanggal 30 dan 31 Juli 2019 di Kantor PPSDM Kemendagri Regional Yogyakarta. Sasaran penyelenggaraan Pelatihan Dasar CPNS adalah terwujudnya PNS profesional yang berkarakter sebagai pelayan masyarakat. (Ririn-SDA)

 

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak