WebGIS Jalan Kabupaten Kulon Progo

Kamis, 16 Agustus 2018 10:34:59 - Oleh : Bidang Bina Marga Dinas PUPKP

Tampilan WebGIS Jalan Kabupaten Kulon Progo

SINERGI PENYELENGGARAAN BANGUNAN GEDUNG DENGAN SISTEM JARINGAN JALAN

Uji Sandcone

Taman Ruang Terbuka Hijau Publik Wana Winulang

Mengapa Perlu Bangunan Rumah Sederhana Tahan Gempa

Pembangunan Daerah Irigasi Banyu Agung / Tawang

Pengelolaan infrastruktur jalan di Kabupaten Kulon Progo selama ini belum mempunyai arah yang jelas dan belum dilaksanakan sepenuhnya dengan berbasiskan kebutuhan, akan tetapi lebih cenderung dipengaruhi oleh  keinginan. Hal ini mengakibatkan pembangunan infrastruktur jalan di suatu wilayah mengalami ketimpangan dibandingkan dengan wilayah lainnya, seperti kerusakan jalan yang cukup besar, keterlambatan penanganan jalan, dan sebagainya. Maka untuk itu diperlukan penguatan Sistem Manajemen Penanganan Jalan Untuk Menuju Tata Kelola Jalan Yang Lebih Baik yang berbasiskan data yang lengkap dan akurat dengan memanfaatkan teknologi informasi (Website). Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kulon Progo mempunyai program Pembuatan WebGIS Jalan Kabupaten Kulon Progo.

Pemanfaatan Teknologi Informasi yang diwujudkan dalam pembuatan WebGIS Jalan Kabupaten Kulon Progo merupakan Inovasi untuk menjawab tantangan terbatasnya sumber daya di Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kulon Progo dan perkembangan kompleksitas pekerjaan yang semakin meningkat.

Maksud dan tujuan pembuatan Webgis Jalan Kabupaten Kulon Progo adalah menyediakan database jalan berbasis Webgis untuk penanganan jalan yang dapat diakses oleh stakeholder dan masyarakat, meningkatkan pemahaman pentingnya database dalam penanganan jalan, dan meningkatkan peran serta stakeholder dan masyarakat dalam penanganan jalan di Kabupaten Kulon Progo. Sedangkan manfaat Webgis Jalan Kabupaten Kulon Progo adalah Memberi kemudahan akses data jalan, memperlancar dan memudahkan pelaksanaan penanganan jalan di Kabupaten Kulon Progo, dan meningkatkan peran stakeholder dan masyarakat dan mempercepat proses penanganan jalan.

Webgis Jalan Kabupaten Kulon Progo dapat diakses melalui Website Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, kemudian masuk ke Subdomain Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kulon Progo, selanjutnya memilih menu Webgis Jalan Kulon Progo. Webgis Jalan Kabupaten Kulon Progo akan menyediakan informasi tentang Data jalan berupa peta dan tabel, data panjang dan lebar jalan, data kelas dan fungsi jalan, data jenis pekerasan, kondisi tiap ruas jalan, dan riwayat penanganan serta foto-foto tentang jalan yang dapat memberikan informasi lebih jelas.

Webgis Jalan Kabupaten Kulon Progo ini bersifat dinamis dan akan terus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan sehingga dapat mengakomodasikan perubahan data secara cepat dan memudahkan dalam pengumpulan data, penyimpanan data, pengaksesan data, analisis data yang dibutuhkan dalam penanganan jalan di Kabupaten Kulon Progo sehingga kedepannya dapat terwujud sistem manajemen penanganan jalan yang efektif, efisien,  transparan, dan tepat sasaran dan pada akhirnya dapat memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat dibidang infrastruktur jalan.

 

| More